Kamis, 26 Mei 2011

ASAM URAT (Gout/Pirai)


Penyakit Asam Urat adalah penyakit jenis arthritis (radang pada persendian) yang sangat menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh.
Kadar Normal Asam Urat Tubuh
Kadar normal asam urat dalam tubuh pria dan wanita berbeda. Pada pria, kadar normal asam urat dalam tubuh berkisar antara 3,5 – 7 mg/dl, sedangkan pada wanita antara 2,6 – 6 mg/dl. Seseorang dikatakan terkena penyakit asam urat apabila kadar asam urat dalam tubuhnya melebihi kadar normal tersebut.
Tahapan & Gejala Asam Urat
Penyakit asam urat terbagi dalam empat tahapan dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap tahapannya. Berikut ini adalah tahapan-tahapan penyakit asam urat:
1.       Hiperurikemia Asimtomatik
Pada tahapan awal ini, penderita tidak menunjukkan gejala-gejala lain selain peningkatan kadar asam urat dalam darah. Keadaan ini dapat berlangsung cukup lama, bahkan sampai bertahun-tahun.
2.       Asam Urat Akut
Pembengkakan mendadak dan rasa nyeri yang luar biasa (umumnya pada sendi ibu jari kaki) adalah gejala bahwa penyakit asam urat sudah masuk tahap Asam Urat Akut. Pembengkakan dan nyeri yang terjadi tidak permanen, biasanya akan pulih dengan sendirinya dalam waktu 10 – 14 hari.
3.       Interkritis
4.       Asam Urat Kronik
Pada tahap ini timbunan kristal asam urat semakin bertambah karena tidak dilakukan pengobatan. Peradangan kronik disertai rasa nyeri adalah gejala pada tahapan ini.

Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Anda Tinggi:
1.       Jalankan Pola Hidup Sehat
2.       Memperbanyak minum air putih
3.       Memperbanyak asupan makanan yang mengandung Potasium tinggi, seperti
a.       Kentang
b.      Susu & Yoghurt
c.       Buah Pisang & Alpukat
4.       Makan buah-buahan yang kaya akan Vitamin C, terutama Jeruk dan Strawberri
5.       Rutin memeriksakan diri ke dokter
6.       Minum obat dengan teratur sesuai dengan saran dari dokter/apoteker
7.       Menghindari makanan yang berkadar Purin tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar